Tugas 7
Mengapa manajemen
pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan
Manajemen pemasaran adalah suatu analisis,
perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang
untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaranyang bermanfaat
dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi (M. Fuad, dkk. 2000).
Manajemen pemasaran berupaya mempengaruhi tingkat, saat, dan karakter
permintaan dengan cara yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi. Karena
itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
Perbedaan kebutuhan dan
keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran
Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh
manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara
kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak
sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu
hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau
setidaknya kurang sejahtera. Sedangkan keinginan adalah sesuatu tambahan atas
kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih
puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya
tidak berkurang.
Perbedaan pasar dan
pemasaran
Pasar adalah tempat bartemunya produsen dan
konsumen.
Sedangkan pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar debgan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Sedangkan pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar debgan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Bauran pemasaran
(marketing mix)
Menurut Kotler (1997:92), Marketing mix is the set
of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the
target market. yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah
sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek
pemasaran atau target pasar yang dituju.
Menurut Stanton (1978)Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
Menurut Stanton (1978)Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
Komentar
Posting Komentar