Tugas 6



ALASAN MEMILIH JURUSAN AKUNTANSI DAN MANFAAT YANG DIHARAPKAN
Alasan saya memilih jurusan akuntansi ialah karena saya sangat menyukai bidang ini, karena saya dapat menambah kemampuan nalar saya dan kemampuan menghitung saya. Selain itu bidang akuntansi sangat banyak peminatnya dalam dunia kerja, itu pulalah alasan saya mengapa memilih jurusan ini. Manfaat yang saya harapkan ialah mendapat pekerjaan yang layak dan gaji ang besar.



JENIS-JENIS BIDANG AKUNTANSI
1.AKUNTANSI BIAYA (COST ACCOUNTING)
Akuntansi biaya ialah bidang akuntansi yang kegiatan utamanya ditujukan untuk menghitung biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.
2.AKUNTANSI PERPAJAKAN (TAX ACCOUNTING)
Akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang berkaitan dengan masalah perpajakan, yaitu berupa perhitungan untuk mempersiapkan pengisian Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) dan pembayarannya sesuai pengisian dalam SPT baik untuk pajak penghasilan ataupun apajak pertambahan nilai.
3. AKUNTANSI ANGGARAN (BUDGETARY ACCOUNTING)
Akuntansi anggaran adalah bidang akuntansi yang menguraikan kegiatan keuangan untuk suatu jangka waktu tertentu yang dilengkapi dengan sistem penganalisaan dan pengawasannya.

 

PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN DAN SYARAT-SYARATNYA
 PENGERTIAN :
Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses pencatatan, yang merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan.
SYARAT-SYARAT:
Syarat laporan keuangan laporan yang baik harus memenuhi kriterua sebagai berikut :

1.      Relevan artinya bahwa informasi yang dijadikan harus ada hubungan dengan pihak-pihak yang memerlukan untuk mengambil keputusan.
2.      Dapat dimengerti artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan secara jelas dan mudah difahami oleh para pemakainya.
3.      Daya uji artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan konsep-konsep dasar akuntansidan prinsip-prinsip akuntansi yang dianut, sehingga dapat diuji kebenarannya oleh pihak lain.
4.      Netral artinya bahwa laporan keuangan yang disajikan bersifat umum, objektif dan tidak memihak pada kepentingan pemakai tertentu.
5.      Tepat waktu artinya bahwa laporan keuangan harus di sajikan tepat pada waktunya .
6.      Daya banding artinya bahwa perbandingan laporan keuangan dapat diadakan baik antara laporan perusahaan dalam tahun tertentu dengan tahun sebelumnya atau laporan keuangan perusahaan tertentu dengan perusahaan lain pada tahun yang sama.
7.      Lengkap artinya bahwa laporan keuangan yang disusun harus memenuhi syarat-syarat tersebut diatas dan tidak menyesatkan pembaca.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Making Small Talk and Developing a Conversation about Travel

Kekuatan dari Timur, Koperasi SWASTI SARI Kupang

Inquiry Letter And Order Letter